Selasa, 11 April 2017



Hallo para pengguna internet, kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai apa itu kemiskinan, pasti kalian sudah memahami dan bahkan kemiskinan ada disekitar kita, maka dari itu saya ingin menjelaskan sedikit mengenai kimiskinan.

Jadi Kemiskinan itu ialah sebagai suatu standar tingkat hidup yang rendah yaitu adanya kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standard kehidupan yang berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan.
Selain itu, ada 5 faktor utama yang menyebabkan kemiskinan agaknya semakin merajalela, yaitu:
    ignorance
  1. Kebodohan (Ignorance)

  2. “Bodoh” disini bukan bermakna secara harfiah dimana, kalau misal mereka bersekolah, mereka akan mendapat nilai jelek. Bukan begitu. Tapi lebih kepada tidak adanya akses kepada pendidikan yang mereka butuhkan untuk kehidupan mereka. Misalnya, para nelayan mungkin tidak begitu memerlukan pelajaran fisika; tetapi pengetahuan akan varian hasil laut bisa mendukung mereka dalam mengoptimalkan pekerjaan. Pelangi Viridis yang berlokasi di Banten memahami hal ini, dan memposisikan diri sebagai jembatan bagi kebutuhan nelayan dalam meningkatkan pengetahuan mereka akan kelautan.
  3. Penyakit (Disease)

  4. desease
    Di berbagai daerah yang belum mengenal pengobatan moderen, orang miskin sering terjebak pada mitos-mitos tentang penyakit yang akhirnya menyebabkan kematian. Mereka yang belum mengenal aktivitas menjaga kesehatan juga biasanya memiliki produktivitas yang rendah. Keterbatasan kondisi tubuh mereka membuat mereka tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga kurang sejahtera. Kamu sendiri pasti akan lebih fokus bekerja ketika sehat, kan?
    Permasalahan ini juga meliputi akses air bersih, sanitasi, dan pengetahuan akan pencegahan penyakit. Makanya,  melalui penyediaan akses air bersih dengan harga yang lebih terjangkau.
  5. Ketidakacuhan (Apathy)

  6. apathy
    Banyaknya permasalahan hidup yang berlatar belakang finansial kadang membuat orang miskin kurang memiliki optimisme. Bagaimana mereka bisa optimis kalau tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada lho, solusi untuk keluar dari kemiskinan. Alhasil, dengan ‘ketidakpedulian’ mereka pada diri sendiri dan keluarga, mereka ‘memilih’ untuk menyerah. Terutama untuk usia produktif. Mereka biasanya hanya berpikir untuk mencari pekerjaan di kota, dan karena latar belakang pendidikan, tentu saja mereka ‘berakhir’ pada pekerjaan serabutan. Sementara, sebenarnya banyak sekali potensi lokal yang bisa dikembangkan di desa mereka. Oleh karena itu, komunitas ini mengajak para pemuda untuk pulang ke desa dan memanfaatkan apa yang ada agar dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik.
  7. Ketidakjujuran (Dishonesty)

  8. korupsi
    Secara garis besar, hal inilah yang menjadi penyebab utama kemiskinan di Indonesia sulit untuk dihilangkan. Selama pejabat pemerintahan – dari tingkat yang terendah hingga tingkat pusat – hanya berpikir untuk memperkaya dirinya sendiri, maka akan selalu ada orang miskin. Yang menyedihkan, penyebab kemiskinan satu ini tidak hanya menitikberatkan pada nominal angka yang dikorupsi. Sementara seorang pejabat mungkin mencuri 100 juta rupiah dari anggaran pendidikan, sebenarnya ia sedang mengambil 400 juta rupiah, atau lebih banyak lagi. Kok bisa begitu? Seharusnya 100 juta itu bisa memperbaiki kehidupan 100 pelajar misalnya, dan ke-100 pelajar itu bisa mengembalikan manfaat itu kepada lingkungan sekitarnya. Hilangnya 100 juta tersebut memberikan dampak yang mendalam dan meluas pada kemiskinan masyarakat.
  9. Ketergantungan (Dependency)

  10. dependency
    Ini nih, salah satu hal terpenting yang harus kamu tahu: fakta di lapangan menyebutkan bahwa santunan belum tentu sepenuhnya menyelesaikan masalah kemiskinan! Ketika orang miskin ‘terbiasa’ diberi donasi, akan sulit bagi mereka mandiri secara finansial. Mental mereka adalah mental ‘menerima’, sedangkan solusi bagi kemiskinan adalah pekerjaan dan pendidikan.
    Donasi tetaplah penting pada situasi kritis, misalnya bencana alam. Tapi kalau kita ingin menghapuskan kemiskinan, kita harus memberikan mereka suatu ‘pekerjaan rumah’ yang membuat mereka termotivasi untuk berpikir, belajar, dan berjuang. Sebagai contoh, ‘Donasi’ diberikan dalam bentuk bibit kambing; sehingga penerimanya akan tergerak untuk menjaga, mempelajari, dan mengembangbiakkan kambing. Dengan demikian, mereka tidak perlu tergantung pada pekerjaan lain yang tidak menentu hasilnya.

Indonesia menggunakan indikator kemiskinan absolute? apa itu? jadi pemerintahan kita terumatama lembaga BPS menggunakan indikator ini, didalam indikator ini terdapat 2 pendekatan secara statistik, yaitu pendekatan kebutuhan dasar (basic need approach) dan pendekatan headcount index.  pendekatan yang pertama, kemiskinan dikonseptualisasikan sebagai ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar. 

headcount index merupakan ukuran yang menggunkan kemiskinan absolut.  jumlah penduduk miskin adalah jumlah penduduk yang berada di bawah suatu batas garis kemiskinan yang merupakan nilai rupiah dari kebutuhan minimum makanan dan non makanan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang penduduk menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan ekonomi, karena berhubungan dengan masalah tenaga kerja pengangguran. Betul sekali bahwa penduduk disuatu negara itu merupakan faktor yang mempengarahui pertumbuhan ekonomi, karena dengan terciptanya SDM(sumber daya manusia) yang baik maka berdampak baik pula kepada negaranya, dengan begitu penduduk akan memberikan kontribusi melalui pajak. tetapi jika penduduknya tidak bekerja/menggangur mengakibatkan penurunan ekonomi didalam negara tersebut, yang mengakitbatkan penduduk menganggur/tidak bekerja. beberapa hal terjadinya pengangguran, yaitu : 
  1. Kurangnya pendidikan dan juga pelatihan terhadap SDMnya
  2. Kurangnya fasilitas terhadap masyarakat(untuk petani, nelayan, pasar, dll)
  3. Terbatasnya akses jalan sebagai penghubung daerah, dengan memberikan akses jalan, invsoter-investor akan membangunan lapangan pekerjaan bagi penduduk disekitar
  4. Kurang optimal memberikan subsidi disektor pendidikan dan kesehatan.
  5. KKN merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan pengangguran.
Itulah sedikit mengenai tentang kemiskinan dan pengangguran :D 

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Haloo saya Mr. Pace, Saya seorang Mahasiswa disalah satu Universitas di Depok yaitu Univ Gunadarma.

Categories

Random Post

Pages

Advertisement

Diberdayakan oleh Blogger.

Disqus Shortname

Comments system

Business

Kunjungi Halaman Jualanku

Universitas Gunadarma

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget

">